IMPALA UB Goes to School : Aksi Lingkungan Hidup

Kita tidak mewarisi bumi ini dari nenek moyang, melainkan meminjamnya dari anak cucu kita. Kalimat bijak tersebut menjadi salah satu latar belakang Anggota Muda Eks DIKLATSAR 40 IMPALA UB untuk melakukan rangkaian kegiatan Aksi Lingkungan Hidup. Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April.

Kegiatan ini akan digelar selama empat hari, 25-29 April 2017, bertempat di SMPN 17 Malang. Koordinator Tim Kerja Aksi Lingkungan Hidup Lius Alviando menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa SMPN 17 Malang mengenai kelestarian alam dan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan demi kelangsungan hidup anak cucu.

Rangkaian acara yang akan digelar cukup beragam, mulai dari sosialisasi dan pematerian forum hingga aksi nyata. Dijelaskan Lius, Anggota Muda Eks DIKLATSAR 40 IMPALA UB bersama-sama dengan siswa-siswi SMPN 17 Malang akan membuat berbagai produk yang dapat memaksimalkan potensi sekolah tersebut. Di antaranya penanaman pohon dan tanaman Toga di berbagai sudut sekolah, hidroponik dan vertical garden sebagai tambahan carbon stock di area yang tidak terdapat tanah, serta composting untuk memanfaatkan sampah organik sebagai bahan untuk memupuk pohon yang ditanam nantinya.

Partisipan di kegiatan ini yaitu 17 Anggota Muda Eks DIKLATSAR 40 IMPALA UB dan 30 siswa SMPN 17 Malang. Selain itu ada tamu undangan dari jaringan kemitraan IMPALA UB, serta pendamping dari IMPALA UB dan guru dari SMP tersebut.

“Harapannya, kegiatan ini berjalan lancar dan tujuannya untuk menanamkan muatan cinta alam kepada siswa-siswi SMPN 17 Malang tercapai,” pungkas Lius. [IMPALA/Irene]