Program Green Campus UB Tidak Hanya Sekedar Hijau

Konsep Green Campus saat ini tidak serta merta menjadi salah satu tujuan yang dicanangkan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Green campus sudah menjadi kultur yang telah mengakar dalam bagian kehidupan proses belajar mengajar di kampus, tak terkecuali bagi Universitas Brawijaya. Komitmen UB dalam membesarkan nama universitas lewat green campus tidaklah main-main. Mulai dari penghijauan lingkungan kampus, pembangunan fasilitas terbuka seperti gazebo, taman, fasilitas pejalan kaki hingga fasilitas resapan air, semua merupakan perwujudan kampus yang ramah lingkungan. Bahkan beberapa tempat di dalam kampus juga menjadi lingkungan baru yang dapat berkembang menjadi sebuah ekosistem. Hal ini sempat diungkapkan Prof Dr Ir Nuhfil Hanani Ar MS selaku Rektor UB dalam pembukaan Car Free Day yang digelar Jumat (23/8).

Rektor membuka acara CFD yang diawali dengan jalan sehat bersama sivitas akademika UB
Rektor membuka acara CFD yang diawali dengan jalan sehat bersama sivitas akademika UB

Serangkaian acara dipersembahkan oleh para mahasiswa demi menyemarakkan program Green Campus UB, seperti jalan sehat, cek donor darah, pemeriksaan gigi gratis hingga kampanye ecobricks. WR IV, Prof Dr Ir Sasmito Djati MS juga mendukung penuh kegiatan car free day (CFD) bagi sivitas akademika UB, khususnya gerakan tidak buang sampah sembarangan hingga program zero waste mulai dari penanganan sampah plastik. Menurutnya, sampah plastik merupakan permasalahan besar yang hingga kini masih berada di permukaan masyarakat. Sebagai akademisi, warga UB dituntut untuk menjaga lingkungan kampus dari hal yang terkecil sekalipun. Apalagi kesadaran generasi muda akan sampah memang sangatlah dibutuhkan.

Saat ini UB sendiri telah masuk 10 besar nasional di peringkat UI Green Metrics, yaitu pemeringkatan yang menjadi indikator penilaian green campus. Tentunya untuk meningkatkan konsep kampus hijau secara menyeluruh, UB mulai mencanangkan beberapa program sepanjang Agustus hingga November mendatang. Program ini meliputi Zero Waste Day (23/8), Ozone Layer Protection (13/9), Say No to Food Waste! (25/10) dan The Call of the Tree (8/11). Tidak hanya itu, masing-masing fakultas nantinya juga didorong untuk melakukan program kampus hijau. Tiap-tiap fakultas yang berada di UB bersaing untuk merealisasikan green campus dan dinilai langsung oleh tim dari mahasiswa. Fakultas yang terbaik akan diberikan penghargaan pada gelaran Dies Natalis UB tahun depan. [indra]