ICGRC: Perkuat Konsep dan Penerapan Konservasi Biodiversitas untuk Bioekonomi Berkelanjutan

Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA-UB) menyelenggarakan International Conference on Global Resource Conservation (ICGRC) ke-10. Acara yang bertema “Biodiversity conservation for sustainable bioeconomy” ini digelar selama dua hari, (4-5/9/2019), di Hotel Santika, Malang.

Ketua panitia Irfan Mustafa, S.Si., M.Si., Ph.D menyampaikan, kegiatan ICGRC merupakan kegiatan konferensi internasional yang rutin diadakan oleh jurusan Biologi setiap tahun. Kegiatan ini diharapkan mampu menghela penggunaan konsep sumber daya hayati melalui konservasi biodiversitas untuk bioekonomi yang berkelanjutan.

“ICGRC merupakan sarana yang tepat untuk bertukar informasi hasil penelitian sekaligus mengokohkan penerapan konservasi biodiversitas untuk bioekonomi yang berkelanjutan,” ungkap Irfan Mustafa.

Ratusan Peneliti Berkumpul di ICGRC ke-10

Ratusan Peneliti Berkumpul di ICGRC ke-10
Dengan subtopik “Bioeconomy as an emerging innovative solution for a greener future”, tahun ini, ICGRC mengundang enam pembicara kunci dan tujuh invited speaker dari berbagai negara dan dihadiri lebih dari 150 peserta. Pembicara kunci yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Ir. Muhaimin Iqbal (Ketua Indonesia Startup Center), Premavathy Vijayan, Ph.D (Avinashilingam University for Woman, India), Prof. Jae-Eun Kim (Mokpo National University, Korea Selatan), Dr. Chandrakant Salunkhe (Krishna Mahavidyalaya College, India), Dr. Marian P. De Leon (University of the Philippines, Filipina) dan Prof. Widodo, Ph.D.Med.Sc (Universitas Brawijaya) serta invited speaker antara lain Tetsuya Okuyama (Jepang) dan Kalaiselvi Senthil (India).

Kegiatan inti berupa presentasi dan diskusi yang terbagi menjadi sesi plenari terdiri dari tiga sesi dan sesi presentasi kelas pararel yang meliputi enam topik yaitu bidang Zoologi, Botani, Ekologi Konservasi, Ilmu Lingkungan, dan Sumber Daya Berkelanjutan.

“Acara ini sangat bagus sekali, saya mendapatkan banyak ilmu dari kegiatan ini dan bisa berinteraksi aktif dengan para peneliti lainnya. Panitia berhasil dan sukses mengadakan kegiatan. Saya ucapkan selamat. Saya senang terlibat dalam kegiatan ini, semoga tahun depan saya bisa berkunjung lagi,” demikian pendapat salah satu pembicara Dr. Marian P. De Leon di akhir acara. [Eshaf/Irene] contro